Laporan Pengawasan CPNS KEMENKUMHAM 2012 KANWIL Provinsi Bali

December 19, 2012 § Leave a comment

100820121684

pengecekan oleh panitia daerah untuk penyerahan kartu peserta CPNS KEMENKUMHAM 2012

Berdasarkan surat tertanggal 23 Juli tahun 2012, Wakil MENKUMHAM bekerja sama dengan ICW dan OMBUDSMAN RI melakukan semacam workshop membahas pengawasan penerimaan CPNS KEMENKUMHAM tahun 2012.dan diharapkan menjadi contoh untuk semua kementerian di indonesia. Dan workshop diadakan sehari pada tanggal 26 juli 2012, bertempat di Graha Pengayoman, Sekertariat Jendral Kemenkumham, Kuningan. Selama kurang dari sehari workshop digelar, membicarakan metode pengawasan, dan mekanisme pelaporan adanya kecurangan dalam proses seleksinya. Rangkaian penerimaannya dilakukan didaerah mulai sejak tanggal 28 Juni sampai dengan 19 September  tahun 2012.

Peserta workhop ini berasal dari seluruh daerah di indonesia, terdiri dari unsur LSM yang merupakkan mitra dari ICW, Ombudsman daerah, dan mahasiswa yang keikutsertaannya memenuhi undangan  Wakil MENKUMHAM, Denny Indrayana.

Workshop/ pelatihan ini memberikan beberapa perubahan draf, terutama pada mekanisme pengawasan serta pelaporan CPNS KEMENKUMHAN 2012. Rancangan tersebut menjadi acuan seluruh pengawas di daerah. Proses rekrutmen yang diawasi di daerah masing –masing meliputi:

  1. Pengumuman kelulusan verifikasi berkas/ administrasi tanggal 7 Agustus 2012
  2. Pemanggilan, verifikasi berkas serta pengambilan kartu peserta ujian tanggal 9-10 Agustus 2012.
  3. Tes Kesehatan dan Kesemaptaan pada tanggal 27- 28 Agustus 2012 (namun di Bali diadakan pada tanggal 25-26 Agustus karena tanggal 27-28 bertepatan dengan persiapan Galungan).
  4. Pengumuman kelulusan Tes Kesehatan dan Kesemaptaan pada tanggal 31 Agustus 2012.
  5. Penyampaian hasil jumlah peserta pada tim Nasional pada tanggal 3 September 2012 dan
  6. Ujian Kompetensi Dasar berupa tes tulis pada tanggal 8 September 2012.

Berdasarkan jadwal tersebut Tim Pengawas di Bali yang terdiri dari LSM (Sloka Institute Agus Sumberdana ), OMBUDSMAN (Purnomo), dan BEM Universitas Udayana bekerja sama dengan panitia daerah rekrutmen CPNS KEMENKUMHAM 2012 yang dalam hal ini adalah Kantor Wilayah (KANWIL) Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Bali.

                Berdasarkan data jumlah pelamar CPNS tahun 2012 sebanyak 3315 orang dengan berbagai posisi, diantaranya Penyuluh NAPI, Pengaman pemasyarakatan/ Sipir, Perancang Peraturan Perundang—Undangan, dan Pemeriksa Dokumen Imigrasi. Masing-masing membutuhkan lulusan SMA atau S1. Pelamar S1 sebanyak 1019 orang dan SMA sebanyak 2296 orang pelamar. Panitia menyeleksi berkas pelamar yang dikumpulkan secara online (http://cpns.kemenkumham.go.id ) serta hardcopy di kantor KANWIL pada 24-21 Juli 2012. Peserta yang lolos seleksi administrasi sebanyak 1736 orang , yang terdiri dari 435 peserta lulusan S1 dan 1301 peserta lulusan SMA.

                Peserta tersebut berhak mendapatkan kartu tanda peserta ujian yang dibagikan di Kantor Wilayah Provinsi Bali. Peserta terlebih dahulu menverifikasi berkas yang di setorkan pada seleksi administrasi berupa berkas Asli. Verifikasi dilakukan oleh panitia daerah. Hampir 30 orang turut membantu verifikasi. Verifikasi meliputi pemeriksaan berkas, nilai- nilai pada ijasah, serta kualifikasi yang di tentukan dalam formasi. Panitia menentukan dan membagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 adalah lulusan SMA dengan jumlah 1301 peserta pada tanggal 9 Agustus. Kelompok 2 untuk lulusan S1 dengan jumlah peserta 435 orang pada tanggal 10 Agustus 2012.

Panitia juga memberikan kesempatan bagi peserta SMA yang jumlahnya banyak untuk dapat memeriksa berkas aslinya pada hari kedua, yan notabene diperuntukan bagi S1. Sampai jadwal verifikasi berakhir yaitu tanggal 10 agustus terdapat 100 peserta yang tidak lolos dalam verifikasi ini, diantaranya dikarenakan tidak hadir pada kedua tanggal yang ditentukan, tidak dapat menunjukan akte/ ijasah asli, serta tidak sesuai dengan data yang tertera di ijasah dengan berkas salinan yang disetorkan sebelumnya.

Kendala yang terjadi pada proses verifikasi dan pembagian kartu tanda ujian lebih penjelasan batas waktu yang tidak ditentukan sehingga panitia mengambil keputusan untuk dibatasi sampai jam 8 malam. Terdapat kekurangan terutama pada pengadaan ruang tunggu bagi peserta mengingat banyaknya peserta verifikasi, terutama untuk lulusan SMA. Hal tersebut lebih pada keadaan lingkungan KANWIL yang kecil. Selain itu banyak juga terdapat kejanggalan, terutama dari peserta yang mengaku memiliki surat dari “pusat” bahwa peserta tersebut lolos dalam seleksi administrasi. Terdapat peserta dengan keterangan ganda/ sama. Nama yang bersangkutan sama, namun orang yang datang berbeda. Kedua hal tersebut tidak ditanggapi panitia daerah dan tidak mengganggu proses selama tanggal tersebut.

Tahapan berikutnya dilangsungkan pada tanggal 25- 26 agustus 2012 yaitu  tes Kesehatan dilaksanakan di gedung KANWIL MENKUMHAN Provinsi Bali. Tes kesehatan terdiri dar pengukuran tinggi badan, berat badan, tes kesehatan, tekanan darah, serta pengecekan tatoo sebagai salah satu syarat kelulusan dari tes kesehatan ini. Pengecekan sendiri berlangsung sampai pukul 5 sore. Dengan memperbantukan semua lini kepegawaian KANWIL HUMKAM. Beberapa permasalahan sempat ditemui tim pengawas, terumata akan berat badan ideal  dimana mengacu pada standar pengukuran oleh paramedis. Pada saat pengukuran ditemukan banyak pelamar yang memiliki berat badan yang  lebih dari standar yang ditentukan. Namun dalam skala yang berbeda berat badan tersebut layak, terutama akan keperluan sipir, denga proporsi badan yang tegak dan besar diharapkan mampu bertugas nantinya. Hal tersebut menjadi pertimbangan panitia mengingat tidak adanya kejelasan mengenai standar berat badan ideal tersebut. Dan tentunya berdasarkan pertimbangan panitia hal tersebut ditentukan melaui kenampakan fisik peserta. Banyak peserta tes tidak lulus karena tinggi badan yang  tak sesuai dengan kriteria, untuk perempuan dengan tinggi 150cm, dan pria minimal 165 cm.

  Dilanjutkan dengan tanggal 26 dengan tes kesemaptaan, bertempat di lapangan Buyung Denpasar dengan hampir 1000 peserta yang menjalani tes ketahanan, ada beberapa tes yang harus di jalani peserta. Diantaranya tes lari, sit up, push up, dan shuttle run. Peserta di bagi menjadi 3 kelompk besar, sehingga diharapkan mampu mengemat waktu. Terutama untuk tes lari, dan sit up karena peserta diatur menurut waktu. Misal untuk lari peserta diberikan waktu 10-12 menit untuk mengelilingi lapangan minimal sebanyak 5 kali. Dengan jumlah peserta mencapai 400 orang per grup membutuhkan banyak waktu. Sehingga panitia melakukan pembagian kelompok dan peraturan sejak hari sebelumnya. Serta sebelum dimulai panitia lokal mengadakan papan informasi dan pengarahan pada peserta. Adapun kendala yang dihadapi oleh panitia terkait beragamnya persepsi penilaian akan kemampuan peserta. Persepsi ini memunculkan pertanyaan terutama untuk panitia, seperti apa yang dihitung dan tidak dihitung. Sehingga panitia terkadang salah menghitung pencapaian tes peserta.

Setelah tes selesai seluruh hasil dari tes kesemaptaan di kumpulkan dan dihitung untuk memastikan jumlah peserta yang hadir dan mengikuti tes. Terdapat beberaa peserta yang tidk hadir terutama karena terdapat acara lain, dan ada peserta yang tak dapat mengikuti tes seluruhnya karena kondisi fisik  yang tidak memadai, terutama 1 peserta karena sedang hamil. Pengecekan sendiri cukup rumit karena harus memastikan setiap peserta ada di setiap tes. Hasil tesnya di rekap secara baik oleh tim panitia yang melakukan serangkaian tes kesemaptaan. Tanggal 31 setelah semua hasil tes direkap terdapat beberapa kekeliruan terkait jumlah data peserta yang mengikuti Tes Kesemaptaan. Pada tanggal tersebut telah diumumkan peserta yang lolos tes kesehatan dan kesemaptaan. panitia lokal juga mengumumkan terkait Tes kompetensi dasar yang diadakan pada tanggal 8 September 2012 bertempat di GOR Tembau, Denpasar melalui papan pengumumann di kantor Wilayah HUMKAM Provinsi Bali dan Website Kemenkumham.

sebanyak 1277 peserta CPNS KEMENKUMHAM 2012 di Bali mengikuti Tes Kompetensi dasar di GOR Tembau Denpasar, 8 September 2012 lalu

sebanyak 1277 peserta CPNS KEMENKUMHAM 2012 di Bali mengikuti Tes Kompetensi dasar di GOR Tembau Denpasar, 8 September 2012 lalu

Tanggal 8 September 2012 bertepatan dengan hari raya Kuningan bagi umat Hindu serta berlangsungnya tes kompetansi dasar bagi peserta CPNS KEMENKUMHAM bertempat di GOR tembau denpasar. Sejak pukul 7 peserta sudah memadati areal GOR, dan mulai menempati tepat duduk yang telah disiapkan oleh panitia. Peserta S1 duduk di deretan bawah, untuk peserta lulusan SMA duduk di tribun penonton.

Pukul 08.30 pagi panitia pusat dari Sekretaris Jendral KEMENKUMHAN menghitung soal tes Kompetensi untuk memastikan jumlah dan tidak adanya kebocoran soal. Pukul  09.00 tes Kompetensi dasar dimulai sampai pukul 14.00 Wita. Dalam pengawasan terdapat beberapa hal yang  ditemukan terutama adanya kerjasama antara beberapa peserta. Namun hal tersebut langsung ditegur oleh pengawas dan panitia daerah. Pada pukul 14.00 panitia bersama pengawas pusat dan daerah melakukan perhitungan dan penyegelan terhadap lembar jawaban peserta. Diikuti dengan pemusnahan terhadap soal dan lembar jawaban sisa/ rusak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Laporan Pengawasan CPNS KEMENKUMHAM 2012 KANWIL Provinsi Bali at Sudut jalan.

meta

%d bloggers like this: