Format Format Format

February 7, 2014 § Leave a comment

Format format format mengapa selalu terjebak pada hal tersebut? Padahal format adalah sesuatu yang sangat dinamis. Sangat tergantung pada orang yang memikirkan dan membuahkan idenya. Yang penting bukan pada kenampakan awalnya namun pada isinya. Tapi semuanya sangat bergantung pada rasa dan pengalaman individu tersebut.

Format- format- format. Tv dan otak kita selalu saja berisi gambaran yang sama. Apakah selalu diputar komedi slapstick, atau sesuatu yang menggairahkan. Formatnya sama- bahkan kalaupun dijajar pasti tiada bedanya. Dan malah kita selalu berduyun duyun menontonnya. Sekali lalgi apa kepala kita sudah diformat, dalam benak kita isinya selalu untuk memenuhi hasrat, lewat iklan iklan kita mendamba kulit putih padahal kita terlahir menjadi bangsa yang eksotik, atau mendamba perut yang langsing padahal makan dan kegemukan karena diri sendiri. otak kita dijajah oleh rasa tidak puas. Setiap kali menontonya rasanya ingin beli- beli dan beli.

Format- format- format bukanlah sesuatu yang hanya omongan saja, ada dalam benak namun dicari kesejajarannya akan duduk sama rendah berdiri sama tinggi. Apa investasi juga format yang serupa? Iya tentu, bahwa semuanya mencari untung. Dan selalu menomortigakan – menomor empatkan, limakan, enamkan, tujuhkan kepentingan umun, kalau kamu menyebutnya investasi selalu menyampingkan kamu (rakyat) sebagai nomor berikutnya. Tidak ada dalam kamus investor itu CSR. Itu baru- baru saja keluar dalam dunia marketing, dan tidak lebih dari pada usaha meningkatkan laba dan profit. Kalau kau melihat ada perusahaan tidak melakukan hal diatas, itu berderma. Bukan saja untuk dirinya namun seisi alam. Bahwa apa yang diambilnya semuanya kembali seperti semula. Tidak ada yang terbuang,ditinggalkan dan dipinggirkan, bahkan di korbankan.  Mngkin ada kesejajaran yang ku tangkap dari serangan dan benoa. Pertama mereka merupaka korban dari manusia, kedua, investasi hanya kedok untuk memperkaya diri, bukan menyelamatkan lingkungan atau orang banyak (baca: mitigasi bencana), ketiga mereka mencari pembenaran dari kaum – kaum yang miskin akan martabat dan kehormatan. Namun tidak heran dosen – dosen dan mahasiswa terlibat dalam konspirasi mahabesar yang mereka sadar akibatnya dan itu guoblok. Keempat dampak yang timbul bukan mempercantik namun menjadi pembawa bencana seperti hera menghancurkan kebaikan disekitarnya.

Format- format format, aku dalam suasana yang tenang namun tersiksa, bahwa aku dijajah bukan dengan berondongan peluru, badik ataupun senapan laras panjang, senjatanya hanya kata dengan dua tarikan nafas bernama format.

 

Mencari jawaban atas mandegnya tulisan bernama laporan. 060214

Advertisements

Tagged: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Format Format Format at Sudut jalan.

meta

%d bloggers like this: