Membeli Kebahagiaan

September 1, 2015 § 4 Comments

Sangat menarik apa yang dibagikan oleh Bli Menot Sukadana, Saudara dari sepupu saya yang juga kebetulan juga seorang wartawan untuk sebuah media online di Bali. Bli Menot (begitu sepupu saya menyapanya) membagikan sebuah tulisan “Caping” dari Farid Gaban (Editor in Cheif GeoTimes Magazine) beberapa waktu lalu.

Tulisan tersebut memaparkan bahwa terdapat kecenderungan membeli barang-barang mahal tidak memberikan banyak kebahagian jika dibandingkan akan sebuah pengalaman. Profesor dalam jurnal yang dipublikasikannya menyatakan bahwa membeli barang-barang mewah yang nilai ekonominya lebih tinggi  atau bertahan  lama tidak berbanding lurus dengan kebahagiaan yang kita dapatkan.

Ia menganalogikan kecenderungan kebahagiaan dari membeli Iphone 6 dibandingkan dengan menonton konser, film atau berjalan-jalan di pegunungan ataupun alam. Berikut penjelasan yang dikemukakannya:

Jika memilih Iphone 6, seorang yang membelinya akan mengikuti fase pembiasaan-terbiasa atau adaptasi terus menerus terhadap barang tersebut. nilai kebahagiannya akan terus turun sejalam dengan waktu. Jika dibandingkan dengan pengalaman (bisa dalam bentuk perjalanan, edukasi, atau pengalaman lainnya seperti menonton film atau konser, bertemu bintang idola, permaianan) akan jauh memberikan kebahagian bagi seseorang. Terutama sekali bagi generasi kini yaitu Generasi Y (saya pikir ini masuk dalam terminologi yang dikemukakan oleh Daoed Joesoef) dimana generasi yang lahir di antara tahun 1975 hingga pada tahun 1995).

Mungkin hal ini menjelaskan bagaimana generasi di yang kecil dan lahir pada tahun tersebut banyak mengalami kegembiraan jika dibandingkan dengan generasi saat ini (Z). Di mana saat ini banyak dibagikan di media sosial mengenai film yang ditonton, permainan yang dilakukan, kegiatan, ataupun berbagai hal yang dikerjakan sewaktu kecil. Generasi 90 saya rasa adalah salah satu generasi yang paling bahagia saat ini.

Soal membeli kebahagiaan pada akhirnya akan bertumpu pada apa yang kita beli dan berikan saat ini.

Advertisements

Tagged:

§ 4 Responses to Membeli Kebahagiaan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Membeli Kebahagiaan at Sudut jalan.

meta

%d bloggers like this: