Perlukah Bangunan Banjar Berubah?

November 23, 2016 § Leave a comment

Ditengah tenggat mengerjakan gambar konstruksi yang sangat mepet. Saya memutuskan menyalurkan energi negatif “ngedumel” saya lewat tulisan singkat ini. karena tengah dipaksa ketentuan pembiayaan oleh proyek pemerintah kabupaten yang mengharuskan kontruksi jalan pada januari depan. Ketergesaan kadang bisa berubah jadi ajaib, konstruksi bak bin salabim, anggaran yang terbatas-tas.

Kisi-kisi Rancangan Bale Banjar

Namun, yang jelas saya ingin tanyakan pada kawan-kawan (dan saya sendiri) haruskan sebuah bangunan sosial berubah? Banjar misalnya? Perubahan harus sesuai dengan kebutuhan warganya? Atau menuruti gengsi belaka?

Hal ini menjadi pertanyaan ketika dulu diminta untuk mengerjakan bale pemebatan di banjar saya. Ketika itu saya diminta untuk membuat sebuah bangunan untuk memasak dan juga mebat untuk upacara-upacara adat di Banjar. Hal tersebut terjadi begitu cepat. Berbarengan dengan adanya tipe bangunan serupa di banjar sebelah. Pegurus banjar “ngebet membuat hal yang serupa. Ketika gambar selesai (dan waktu itu saya masih kuliah jadi konstruksinya amat-amat sederhana dan  sesuai  arahan oleh pengurus banjar) kegiatan pengerjaan segera dilakukan. Ada hal yang tidak saya hitung ketika itu, Bale kulkul khas tahun 1968 disikat dan diratakan. Diganti dengan bale kulkul baru yang ada di lantai 2 mirip dengan bangunan banjar sebelah.

Kisi-Kisi Interiornya

Saya agak menyesal tidak memikirnya secara matang. Padahal hanya perlu waktu sedikit lagi bangunan bale kulkul tersebut mencapai umur 50 tahun, dan sah sebagai cagar budaya. Lalu hari ini sedang mengerjakan perbaikan banjar dengan tenggat  yang jelas sempit. Lantai 2. Sangat berbeda dengan eksisting hari ini. bangunannya atasnya wantilan dengan sisa bale kembar eksisting yang harus dilestarikan. Saya mencoba meraba-raba kebutuhan, proyeksi, dan juga kemungkinan-kemungkinan dimasa mendatang? Mungkin akan ada yang berubah?  Hanya waktu yang akan menyikap jawabannya.

3d-2

Kisi-Kisi Eksterior Bale Banjar

Tagged: , , ,

Leave a Reply

What’s this?

You are currently reading Perlukah Bangunan Banjar Berubah? at Sudut jalan.

meta

